Kegiatan Didampingi TP4D Wajib Diekpose

Kegiatan Didampingi TP4D Wajib Diekpose

\"Bengkulu\"TUBEI,Bengkulu Ekspress - Program pelaksanaan pendampingan tim pengawalan, pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada 2017 ini belum ada organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Lebong meminta tim TP4D mengawal pelaksanaan programnya. Sejauh ini beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru sebatas koordinasi untuk mengajukan permintaan pendampingan. Nantinya kegiatan yang didampingi TP4D wajib diekspose.

Kajari Lebong, R Doddy Budi Kelana SH MH melalui Kasi Intel Elvin A Chandra SH yang juga selaku koordinator TP4D Kabupaten Lebong mengungkapkan, Satker atau OPD yang nantinya meminta pendampingan TP4D, sebelum menjalankan programnya terlebih dahulu memaparkan rencana program yang akan didampingi oleh Tim TP4D. Karena tidak semua kegiatan dan tahapan yang didampingi oleh TP4D, namun sesuai permintaan satker masing-masing tahapan dan kegiatan yang mana nantinya akan didampingi.

\"Makanya sebelum berjalannya kegiatan, terlebih dahulu kegiatan yang diminta didampingi TP4D terlebih dahulu dipaparkan (ekspose) di hadapan tim,\" kata Elvin.

Hal itu sesuai dengan tujuan TP4D ini lanjut Elvin, yaitu untuk menciptakan Sinergitas, konsultasi, koordinasi, monitoring serta evaluasi penyerapan anggaran yang bersumber dari Pemerintah. Makanya setiap tahapan dan kegiatan yang didampingi TP4D, harus proaktif untuk menciptakan sinergitas TP4D itu sendiri. Misalnya kegiatan dibidang Bina Marga Dinas PU Lebong. Kegiatan yang memerlukanĀ  pendampingan diekspose terlebih dahulu, apakah kegiatan peningkatan jalan atau pembuatan jalan. Termasuk juga tahapannya, tinggal penyerahan terhadap proses yang akan didampingi. Apakah serah terima kegiatan, atau perencanaan atau pelaksanaan kegiatan dan penerimaan hasil pekerjaan. Artinya semua harus dibuat satu per satu pada setiap kegiatan.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: